15 Rumah Dibakar Saat Bentrok Warga di Sigi Tadi Malam

Bentrokan di Sigi 2 motor dibakar. (sumberfoto: arsip)

Sigi, FK – Sebanyak 15 rumah dibakar orang tak dikenal saat terjadi bentrok antarwarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (4/11) malam.

Informasi dihimpun, rumah yang terbakar itu berada di perbatasan Desa Binagga dan Desa Padende yang berada di Kecamatan Marawola. Rumah tersebut sebagian besar terbuat dari papan kayu sehingga mudah terbakar.

Kapolres Donggala AKBP Sururi mengaku belum mengetahui pelaku pembakaran rumah warga tersebut. “Kita masih melakukan penyelidikan, dan mengumpulkan informasi dari tempat kejadian,” kata dia, ketika ketika dihubungi, hari ini.

Meski demikian, Kapolres Sururi mengimbau warga untuk tidak terpancing emosi jika terdapat SMS gelap atau hasutan yang mengajak untuk tawuran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bentrok itu dipicu perselisihan dua pemuda yang akhirnya meluas hingga berujung ke tawuran antardesa.

Ratusan pemuda yang terlibat tawuran itu menggunakan parang, tombak, ketapel, dan senjata api rakitan. Sejumlah warga dilaporkan terluka akibat terkena lemparan batu saat terjadi bentrokan.

Hingga saat ini seratusan aparat dari Polda Sulawesi Tengah dan pasukan TNI masih mengamankan lokasi bentrok yang berjarak 15 kilometer dari Kota Palu. 

Aparat berjaga di perbatasan kedua desa itu juga dibantu sejumlah tokoh masyarakat. Bentrok antarwarga kedua desa sebenarnya pernah terjadi beberapa bulan silam, dan menewaskan seorang warga.

kmp/dhn