Rusia Habiskan Rp191 triliun Untuk Piala Dunia 2018

Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko
Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko. (foto: Daily Star)

Moskow, FK – Rusia berencana untuk menghabiskan hampir 20 miliar dolar atau setara Rp191,62 triliun untuk persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Demikian disampaikan Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko.

“Ini bukan angka final. Kami hanya memperkirakan perkiraan kasar,” tandasnya, dikutip Reuters, Minggu (30/9) waktu setempat

Menanggapi hal itu, Presiden FIFA, Sepp Blatter, pun mengatakan bahwa Rusia berada di jalur yang tepat terkait jadwal menjelang tugas mereka sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, meski menghadapi tugas berat untuk merealisasikan proyek itu.

Sehari setelah Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Rusia mengumumkan daftar 11 kota yang akan menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan-pertandingan Piala Dunia, Blatter mengatakan bahwa pendekatan baru Rusia lebih efisien dibanding Afrika Selatan pada 2010 atau Brazil yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. “Dengan pendekatan ini, sejauh ini kami telah siap, enam tahun sebelum dimulai,” ucapnya.

“Orang-orang Rusia mulai bekerja begitu keras sejak awal. Ini adalah pendekatan yang berbeda. Saya sangat senang.”

11 kota Rusia yang akan menjadi tuan rumah pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2014, terbentang dari wilayah Baltic yakni Kaliningrad, yang berada di perbatasan Uni Eropa sampai Yekaterinburg di Ural, tiga zona waktu, dan 2.500 kilometer ke Timur.

Mutko menyebutkan bahwa menjadi tuan rumah Piala Dunia merupakan “kehormatan besar dan tantangan hebat,” dengan tujuh dari 11 kota membutuhkan pembangunan kembali stadion atau membangunnya dari sketsa. Bukan hanya stadion, namun bandara, hotel-hotel, dan jalan baru akan perlu dibangun pada beberapa kota provinsi, yang sampai saat ini masih jarang dikunjungi turis asing dan nyaris tidak dikenal oleh warga di luar Rusia. –blk-

You might also like