Pria Rusia Selesaikan Kubik Dalam Waktu 8,89 Detik

Ryabko
Sergey Ryabko menyingkirkan 300 pesaing dari 26 negara. (Foto: Russia Today)

Wroclaw, FK – Seorang pria Rusia, Sergey Ryabko, mampu menyelesaikan teka-teki kubus rubik tercepat dalam sebuah kejuaraan tingkat Eropa di Wroclaw, Polandia, baru-baru ini.

Dengan membukukan waktu 8,89 detik, Ryabko menyingkirkan 300 pesaing dari 26 negara, dan gelar juara itu adalah yang kali kedua disabetnya. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh wakil Belanda, Mats Valk, yang mencatat waktu 9,21 detik.

Sementara itu, favorit tuan rumah, Michal Pleskowicz, harus puas berada di belakang Ryabko dan Valk. Namun, hasil-hasil yang dicapai para pemenang tersebut masih jauh dari rekor dunia yakni 6,11 detik.

Kejuaraan dua tahunan itu sudah lima kali diselenggarakan di Eropa, dan bukan hanya melombakan kubus rubik 3х3 secara konvensional. Namun, terdapat juga nomor lomba yang lain, seperti kubik 2×2 dan 7×7, serta memecahkan teka-teki dengan mata tertutup atau menggunakan kaki.

Untuk diketahui, kubus rubik adalah sebuah teka-teki 3-D mekanis, yang ditemukan oleh pematung Hungaria, Erno Rubik pada 1974.