Polri Mengirim 20 Penyidiknya ke KPK

Jakarta, FK – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Rabu ini mengirim 20 penyidiknya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengikuti seleksi.

“Kita siang ini akan mengirim nama-nama calon pengganti penyidik di KPK yang merupakan hasil dari seleksi internal,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Rabu.

Sebanyak 50 anggota Polri dari Mabes Polri dan Polda seluruh Indonesia, dan ada 30 anggota yang lolos seleksi guna mengikuti seleksi penyidik di KPK, ujarnya.

“Kita mengirim 20 anggota untuk mengikuti seleksi dulu sesuai jumlah yang sudah habis masa tugasnya di KPK, bila dibutuhkan lagi maka akan dikirim,” kata Boy.

Saat ini jumlah penyidik Polri yang bertugas di KPK ada 105, sementara anggota yang masa dinasnya habis ada 20 orang sehingga harus kembali ke Polri.

“Sebanyak 20 nama calon-calon penyidik yang dikirim ke KPK berpangkat AKBP sebanyak enam orang, sementara sisanya berpangkat kompol dan AKP,” kata Boy.

Dia berharap KPK memberitahu Polri mengenai jadwal seleksi untuk penyidiknya. “Anggota Polri yang lulus seleksi internal diantaranya lulus administrasi dan psikotest,” kata Boy.

Polri dan KPK