PNS Riau Diwajibkan Naik Kendaraan Umum

Kota Pekanbaru yang selalu macet.

Pekanbaru, Riau, FK – Para pegawai negeri sipil di Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, diwajibkan untuk naik bus Trans Metro ke kantor demi menghemat energi dan mengurangi kemacetan arus lalu lintas.

“Ini merupakan suatu wacana agar PNS dapat menghemat energi dan mengurangi kemacetan lalu lintas dengan naik bus Trans Metro,” kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan bahwa tingkat kemacetan di Kota Pekanbaru semakin parah apalagi pada pagi dan sore hari terutama di jalan protokol menyebabkan kendaraan sulit untuk melintas.

Selain itu, untuk mengurangi emisi gas buang pada kendaraan maka solusi terbaik adalah agar pegawai harus ke kantor naik kendaraan umum yang nyaman dan aman.

“Meski pegawai negeri di wilayah ini memiliki mobil pribadi dan sepeda motor, maka alangkah baiknya jika mengunakan bus Trans Metro (sejenis Busway) di Jakarta) yang dilengkapi alat penyejuk ruangan (AC) bila ke kantor,” katanya. 

Bahkan pihaknya berupaya untuk menambah jumlah koridor bus Trans Metro ke berbagai kecamatan seperti ke Rumbai, Tampan, Tenayan Raya supaya dapat melayani warga atau pegawai negeri ke berbagai arah menuju tempat tujuan.

Menurut dia, tingkat emisi gas buang kendaraan di wilayah ini sangat tinggi sehingga menambah udara semakin panas, maka salah satu upaya untuk mengatasi yakni dengan mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya.

Demikian pula kemacetan parah kerap terjadi pada jam sibuk seperti pagi dan sore karena pertambahan jumlah kendaraan sepeda motor dan mobil setiap tahun sedangkan lebar jalan masih tetap.

Sebagai kota menengah yang memiliki sebanyak 60 kelurahan dan 13 kecamatan serta dihuni sekitar 1,2 juta penduduk, maka hampir setiap hari di jalan utama Pekanbaru terjadi kemacetan arus lalu lintas.

(ant)