Per 1 November Seluruh Puskesmas dan RSUD Kelas III Jakarta Gratis

Gubernur DKI jakarta Joko Widodo saat berkampanye mengenalkan Kartu jakarta Sehat (sumber foto: shnews.)

Jakarta. FK – Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo menyampaikan bahwa peluncuran Kartu Jakarta Sehat (KJS) akan dimulai pada 1 November 2012. Hal itu ditandai dengan digratiskannya semua Puskesmas dan RSUD Kelas III untuk seluruh warga DKI Jakarta.

“Ada tahapannya, dan per 1 November akan di-launching dengan menggratiskan seluruh Puskesmas serta RSUD Kelas III, ” ujar Rio saat ditemui wartawan setelah menghadiri rapat bersama Badan Anggaran DPRD, di Gedung DPRD DKI, Kamis (25/10).

Untuk pengelolaannya, Kartu Sehat tetap berada di bawah kelola Unit Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (UP Jamkesda) yang bekerja sama dengan Bank DKI sebagai pihak yang mengatur teknis pembayaran, dan PT Askes berperan dalam pemberian asuransinya.

Pada dasarnya Kartu Sehat menjadi hak seluruh warga DKI. Dengan catatan bersedia berobat ke puskesmas atau menjalani rawat inap di RSUD Kelas III. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi DKI telah memetakan jumlah warga yang akan memanfaatkan kartu tersebut. Yakni sebanyak 4,7 juta jiwa yang setara dengan 50 persen total warga Ibu Kota, atau jumlah warga DKI yang masuk dalam kategori ekonomi lemah. Eksekusi konkrit pembagian Kartu Sehat rencananya dimulai pada awal 2013.

“Semua warga pada prinsipnya dapat. Tapi kan nggak semuanya mau dirawat di kelas III,” kata Rio.

(kmp)

You might also like