Pelari Kenya Menang di Marathon Berlin

Geoffrey Mutai
Geoffrey Mutai. (foto: Arab News)

Berlin, FK – Pelari Kenya Geoffrey Mutai menjuarai maraton Berlin, kemarin (30/9), dengan catatan waktu dua jam, empat menit, dan 15 detik, yang belum mampu melampaui rekor dunia 2:03:38 yang dicatat di kejuaraan ini oleh Patrick Makau tahun lalu.

Mutai melintasi garis finis pertama, diikuti sedetik kemudian oleh pelari senegaranya, Dennis Kimetto, yang melakukan debut maratonnya. Pelari Kenya lainnya, Geoffrey Kipsang, di posisi ketiga dengan waktu 2:16:12.

Seperti dilansir The Star, Mutai, juara maraton New York pada 2011, sebelumnya ingin lebih baik pada lomba di Berlin ini setelah berada sedetik di belakang Makau, yang absen pada lomba kali ini, pada 2010.

Dalam kondisi yang sempurna untuk mencetak rekor, Mutai dan Kimetto sebelumnya tertinggal 25 detik dari catatan waktu Makau pada kilometer 20, tapi mereka bisa kembali dengan selisih tujuh detik dari rekor pada kilometer 40. Kedua pelari itu gagal membuat dorongan tambahan yang diperlukan pada bagian akhir lomba tersebut. Keberhasilan ini juga menjadi semacam hiburan bagi Mutai setelah tidak masuk dalam seleksi untuk Olimpiade London.

Pelari Ethiopia Aberu Abede menjuarai kelompok putri dengan catatan waktu 2:20:30, dua tahun setelah suksesnya di Berlin. Posisi kedua ditempati pelari senegaranya Tirfi Tsegaye (2:21:19), dengan Olena Shurhno di Ukraina di posisi ketiga (2:23:32). -blk-

You might also like