Jorge Lorenzo Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2012

Jorge Lorenzo
Jjorge Lorenzo. (Foto: superbike-news)

Phillip Island, FK – Pembalap Spanyol Jorge Lorenzo memenangi kejuaraan dunia Moto GP, Minggu (28/10), dengan finish di posisi kedua di belakang Casey Stoner di Phillip Island, Australia.

Lorenzo mengikuti balapan ini dengan keunggulan 23 poin di puncak klasemen, namun kompetisi efektif usai ketika penantang utamanya Dani Pedrosa terjatuh dari motornya pada tikungan keempat di lap kedua, dan tidak meneruskan balapan.

Pembalap Australia Casey Stoner mengambil alih pimpinan lomba setelah rekan setimnya di Repsol Honda melakukan kesalahan, dan memastikan kemenangan keenam berturut-turutnya di GP Australia dengan keunggulan lebih dari Lorenzo, yang kali pertama memenangi gelar dunia Moto GP pada 2010, hanya perlu finish dengan keunggulan tiga poin dari Pedrosa di balapan Phillip Island untuk mengklaim gelar juaranya, dan ia tidak mengalami masalah apapun untuk kemudian melewati garis finish, untuk mengunci gelar dunia keduanya.

Motor Honda Stoner sangat dominan pada akhir pekan ini, memastikan posisi start terdepan dengan keunggulan lebih dari setengah detik dari Lorenzo, dengan catatan waktu terbaik pada kualifikasi. Ini merupakan kemenangan ke-38 Stoner di Moto GP dari start ke-114nya, di saat ia akan mengakhiri karirnya pada musim ini setelah mengumumkan pengunduran dirinya.

Itu merupakan kemenangan yang layak dikenang bagi Stoner, yang belum lama pulih dari operasi sobek ligamen dan patah pergelangan kaki, tibia, dan fibulanya, yang ia derita akibat bertabrakan saat melakukan kualifikasi untuk GP Indianapolis pada pertengahan Agustus.

Harapan pria Australia ini untuk mempertahankan mahkota juara dunianya dihancurkan oleh serangkaian cedera, dan meski ia meraih kemenangan kelimanya di musim ini, Stoner tidak berpeluang menjadi juara, ia hanya menduduki peringkat ketiga di klasemen pembalap. Balapan terakhir Moto GP musim ini akan berlangsung di Valencia pada 11 November. -ant/blc-