PELECEHAN SEKS ANAK

Inilah Penyebab Tawuran Mahasiswa

Tawuran Mahasiswa (seruu.com)
Salah Satu Tawuran Mahasiswa (sumber foto: seruu.com)

Jakarta, FK — Banyak faktor yang menyebabkan tawuran di kalangan mahasiswa. Ketidaktahuan mahasiswa terhadap hukum positif yang berlaku turut menyumbang mencuatnya tindak kekerasan pada lingkup pendidikan tinggi tersebut.

Menurut Harris Iskandar, Ph.D,  Sekretaris Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, tawuran antarmahasiswa sebagian karena membawa budaya dari daerahnya yang masih kental. “Semuanya dipecahkan dengan fisik,” kata Harris.

Namun, katanya, fenomena ini bisa dianalisis dari berbagai sisi. Pertama, tingkat pemahaman tentang KUHP (Kitab Undang-undang Hukup Pidana) yang masih kurang. “Mahasiswa kalau ditanya pasal pembunuhan hukumannya berapa tahun tidak ngerti,” terangnya. Sehingga, dari awal, upaya pemahaman mengenai hukum pidana harus disampaikan kepada mahasiswa.

Kedua, sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan masih kurang. Idealnya, setiap kampus memiliki sarana olah raga yang lengkap, auditorium yang bagus, dan fasilitas penunjang lain yang memadai. Dengan fasilitas penunjang yang lengkap, waktu senggang mahasiswa bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobinya di kampus.

Satu yang patut diingat, lanjut Harris, dalam setiap pertandingan olah raga selalu mengajarkan sportifitas dan kejujuran. Berkesenian akan mengajarkan apresiasi terhadap budaya dan kehalusan budi.

“Dengan memberi fasilitas yang memadai bagi mahasiswa di kampus, mereka akan aktif, berkompetisi dengan sehat, dan pada akhirnya karakter bagus akan terbentuk akan terbentuk dengan sendiriya,” pungkasnya.

 witaku

You might also like