Djokovic Pupus Mimpi Murray Pertahankan Gelar

Novak Djokovic Shanghai Masters
Novak Djokovic mencium trofi Shanghai Masters. (Foto: Zimbio)

Shanghai, FK – Novak Djokovic membalas kekalahannya di AS Terbuka atas Andy Murray dengan menyelamatkan lima kali match point untuk merebut kemenangan 5-7, 7-6 (13/11), 6-3 pada final Shanghai Masters, Minggu (14/10).

Petenis Serbia itu sudah lama menjadi petenis terbaik kedua, tapi dia tidak bisa dengan mudah merebut gelar Master dia yang ke-13 dalam pertarungan yang menghabiskan tiga jam dan 21 menit, saat dia memburu Roger Federer di puncak peringkat ATP.

Pertandingan yang mendebarkan penonton di Stadion Qi Zhong itu diwarnai dengan tiebreak set kedua yang menghabiskan lebih dari 20 menit, yang akhirnya dimenangi oleh Djokovic sehingga bisa tetap bertahan dalam pertandingan tersebut.

Bagi Murray, ini merupakan kekalahan pertamanya di Shanghai Masters setelah dia memenangi turnamen itu pada 2010 dan 2011.

Sebelumnya, Murray mengalahkan pesaingnya itu dalam lima set pada final AS Terbuka bulan lalu, untuk mengamankan gelar pertama tunggal putra turnamen Grand Slam itu bagi Inggris Raya sejak 1930-an, hanya beberapa pekan setelah gelarnya di Olimpiade London.

Djokovic memasuki pertandingan final dengan mencatat kemenangan beruntun 9-0 sejak dikalahkan Murray di New York, sebuah langkah yang termasuk juga gelar ketiga China Terbuka.

Petenis Serbia itu menikmati salah satu dari musim-musim terbaiknya dalam sejarah tenis pada 2011, memenangi tiga gelar Grand Slam.