KPK IKLAN

Awas… Ada Malware Baru yang Mengincar Android

Android kena virus
Ilustrasi. (Foto: dvice)

Washington, FK – Biro investigasi AS atau FBI memperingatkan kepada para pengguna ponsel Android mengenai malware (perangkat lunak berbahaya) jenis baru yang mengincar sistem operasi. Menurut Mashable Tech, malware tersebut menggoda korbannya dengan cara yang berbeda.

“Salah satu caranya memasang iklan ‘bekerja di rumah’ dengan tawaran peluang yang cukup menjanjikan dan gaji yang menggiurkan lewat pengiriman email. Dalam email itu akan terdapat lampiran link yang mengarah ke sebuah website penyebar Loozon (malware) untuk calon korbannya,” ungkap Mashable Tech, dikutip salon.com, Rabu (17/10).

Menurut rilis dari Internet Crime Complaint Center atau IC3 (sebuah kemitraan antara FBI dengan Nation White Collar Crime Center), malware itu mencuri rincian kontak dari buku alamat pengguna dan nomor-nomor telepon. Aplikasi berbahaya lainnya yang dicatat oleh IC3 adalah “FinFisher”, yang bekerja untuk mengontrol jarak jauh dan memonitor perangkat yang terinfeksi.

Namun, Stephen Vaughan-Nichols dari ZDNet mengkritisi peringatan dari FBI tersebut. Pasalnya, menurut dia, malware tersebut tidak ada hubungannya dengan masalah keamanan di Android, namun itu bergantung kepada para penggunanya sendiri.

Untuk lebih amannya, selain jangan membuka email itu disarankan untuk melindungi data pribadi, seperti kasus kehilangan atau pencurian data, pengguna bisa menginstal aplikasi yang memberikan perlindungan dari malware seperti software antivirus, mencegah koneksi ke jaringan nirkabel yang tidak dikenal, dan menyiapkan kode akses atau password.

Sementara itu, sebuah studi dari National Cyber Security Alliance dan McAfee menemukan bahwa satu dari empat warga AS kehilangan atau kecolongan identifikasi pribadi karena pelanggaran data pada tahun lalu. -blc-

You might also like