Hashim Djojohadikusumo Pastikan Prabowo Tidak Mundur dari Jabatan Menhan

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo | ist

FORUM KEADILAN – Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hashim Djojohadikusumo menegaskan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto tidak akan mundur dari jabatan Menteri Pertahanan (Menhan).

Hal tersebut disampaikan oleh Hashim saat menghadiri acara konsolidasi Gema Desa untuk Kemenangan Prabowo-Gibran di Dyandra Convention Center Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 1/2/2024.

Bacaan Lainnya

Hashim juga mengatakan, tidak ada aturan yang mewajibkan Menteri harus mundur ketika berpartisipasi dalam kontestasi Pilpres 2024.

Menurut Hashim, cukup calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD saja yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam.

“Enggak bakal mundur (dari jabatan Menhan). Tidak perlu mundur. Cukup Pak Mahfud saja,” ujar Hashim.

Dikabarkan, Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia (RI).

Cawapres nomor urut 3 itu resmi meninggalkan jabatannya di Kabinet Indonesia Maju (KIM) usai memberikan surat permohonan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 1/2/2024.

“Saya secara resmi dan dengan penuh hormat juga hari ini menyatakan surat mohon berhenti dengan sebuah surat,” kata Mahfud, Kamis, 1/2/2024.

Mahfud menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang telah mempercayainya menjabat Menko Polhukam sejak 19 Oktober 2019.

Menurut Mahfud, pengangkatannya sebagai Menko Polhukam adalah sebuah penghormatan dari Jokowi pada dirinya.

“Pengangkatannya penuh penghormatan kepada saya dan penghormatan saya kepada beliau pada saat itu,” ujar Mahfud.*