PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Jokowi Janji Konsentrasi Benahi Pasar

Jakarta, FK – Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan berkonsentrasi membenahi usaha pasar dan jenis usaha produktif lainnya kalau terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

“Kami akan mendukung dengan memberikan injeksi pada usaha pasar dan usaha produktif, sehingga pasar di Jakarta bisa memiliki akses yang lebih baik,” katanya saat menyampaikan visi dan misinya dalam memperbaiki perekonomian masyarakat Jakarta pada acara debat kandidat di Jakarta, Jumat.

Pada acara debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta itu, Jokowi mengatakan 70 persen pasar tradisional di Jakarta yang dia kunjungi becek, kumuh, bau dan tidak punya tempat parkir kendaraan.

“Maka saya ingin membangun pasar dengan ruang yang baik meskipun tanpa penyejuk udara dan tetap tradisional,” kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa para pedagang pasar perlu diberi pelatihan tentang manajemen pasar dan pelayanan konsumen supaya pasar lebih nyaman dan kinerjanya lebih produktif .

“Saya juga ingin membuat zona pasar, ada zona daging, zona sayur, dan lain-lain,” kata Jokowi.

Ia menambahkan alokasi anggaran pemerintah daerah Rp15 miliar akan cukup untuk membangun pasar tradisional yang lebih layak semacam itu.

Jokowi menjelaskan pula bahwa pedagang lama diprioritaskan bisa berjualan di tempat mereka semula setelah pasar dibangun.

“Lot yang tersisa baru kami buka untuk pedagang baru. Soal pembayaran, kami usahakan gratis, atau setidaknya akan ada subsidi sebesar 50 persen. Hal ini dilakukan, sehingga para pedagang bisa menikmati kiosnya,” katanya.

You might also like