PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Eric Clapton Jual Lukisan Seharga Rp 181 Miliar

London, FK – Penyanyi Inggris Eric Clapton menjual lukisan abstrak karya seniman Jerman Gerhard Richter yang diharapkan akan mencapai 14-19 juta dolar AS (sekitar Rp 134-181 miliar).

Harga itu cukup mengherankan bagi rumah lelang karena Richter merupakan salah satu pelukis hidup paling dicari. Karyanya pernah mencapai 21,8 juta di New York pada bulan Mei, sperti yang ditulis Reuters.

Karya berukuran lebih dari dua meter persegi itu berjudul “Abstraktes Bild (809-4). “Merupakan jajaran tertinggi lukisan asbtrak karya Richter,” kata rumah lelang Sotheby’s, yang menjualnya.

Clapton tidak asing lagi dengan pelelangan. Tahun lalu, ia menjual lebih dari 70 koleksi gitarnya di lelang amal di New York. Ia meraih 2,15 juta dolar untuk Crossroads Centre, rehabilitasi obat-obatan dan alkohol yang didirikan Clapton di Antigua.

Karya Richter ini akan berada di antara lelang karya seni kontemporer di London pada 12 Oktober. Lelang ini bertepatan dengan Frieze Art Fair, pameran seni kontemporer yang menjadi agenda penting bagi pasar seni global.

Abstrakt Bilds merupakan salah satu dari empat seri yang dibuat Richter di pertengahan 90an. Tiga lainnya dibeli Clapton 11 tahun yang lalu. Ia membeli ketiga karya itu tahun 2011 dari Sotheby’s dengan harga total 3,4 juta dolar.

Koleksi terakhir menjadi milik bersama Tate dan National Galleries of Scotland.

Setahun yang lalu, Richter yang kini berusia 80 tahun menyebut pasar seni sebagai “gila”, “konyol”, “mustahil dimengerti”.

You might also like