Kapolri: ” “Kita bersinergi dengan lembaga lain”

0

Kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan pemalsuan surat yang menyeret Ketua dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo dan Saut Situmorang, bukan merupakan episode baru Cicak vs Buaya.

Hal itu ditegaskan Kapolri Tito Karnavian bahwa kasus yang menyeret Agus Rahadjo dan Saut Situmorang, murni penegakan hukum semata

“Tidak, saya selaku Kapolri sangat dukung proses-proses penegakan hukum, nah kita semua paham apa hubungan selama ini yang sudah dibangun dengan lembaga pengegak hukum lain seperti KPK dan Kejaksaan,” ujar Tito di Mapolda Metro Jaya Kamis 9 November 2017.

Tito menegaskan, penyidiknya sebagai intitusi Polri tidak ada niatan membuat perkara. Menurutnya, Polri terus berusaha membangun hubungan baik.

“Kita bersinergi, saya tidak melihat Polri berbenturan dengan lembaga lain nanti ada pihak-pihak lain yang diuntungkan,” ujar Tito.

Tito pun memastikan komitmen Polri untuk tidak ingin mmebuat gaduh dan tidak ada keinginan membuat hubungan Polri dan KPK menjadi buruk.

Seperti diketahui, kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi membuat laporan pada 9 Oktober 2017 dengan terlapor diantaranya Saut Situmorang dan Agus Raharjo.

Friedrich mempermasalahkan surat-surat terkait penyidikan pada kliennya oleh KPK. Pelaporan tersebut pun telah dinaikkan ke tahap penyidikan melalui SPDP yang dikeluarkan Bareskrim Polri.

Saut dan Agus pun disangkakan dengan asal 263 Pasal 55 ayat 1dan pasal 421 KUHP, dengan tuduhan membuat surat keterangan seolah benar dan penyalahgunaan kekuasaan dalam menjalankan tugas tindak pidana korupsi.

You might also like More from author