Indonesia Hadir di KTT D8 Istambul

Kerjasama Negara D8 terus ditingkatkan. Pembahasan dalam Komisi diwakilkan oleh Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin

0

Indonesia ikut serta dalam Konferensi Tingkat Tinggi Developing 8 (KTT D8) ke-9 di Istanbul Kamis, 19 Oktober 2017. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sesi ke-38 KTT D-8 diadakan di Istanbul, di Lütfi Kırdar International Pusat Konvensi dan Pameran. pada tanggal 17-18 Oktober 2017 dengan kepemimpinan Pakistan. Komisaris dan Kepala delegasi dari semua Negara Anggota D-8 ambil bagian dalam sesi 2 hari tersebut.

KTT tersebut akan didahului oleh pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri dan Komisi masing-masing pada tanggal 19 dan 17-18 Oktober 2017.

Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin menjadi anggota delegasi resmi mewakili Indonesia dalam KTT D-8 Ke IX tersebut.”Wakapolri memang ditunjuk untuk mewakili, kata Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto di Jakarta.

Mengangkat tema “Memperluas Peluang Melalui Kerjasama”, Komisi tersebut membahas, antara lain, pertemuan organ utama Organisasi termasuk KTT tersebut. Komisaris juga akan mencatat kemajuan dalam kegiatan rutin Organisasi, termasuk menyelesaikan Kalender Peristiwa 2017 dan 2018.

Sekretaris Jenderal D-8 menyatakan keyakinannya bahwa sesi ke-38 Komisi akan membawa hasil positif untuk mengkonsolidasikan kemitraan koperasi ke ketinggian baru.Dapat disebutkan bahwa Komisi adalah badan Eksekutif Organ Pimpinan Organisasi D-8. Komisi bertemu dua kali setahun sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Piagam D-8 ini dipimpin oleh Chairman-in-Office.

KTT adalah tingkat pertemuan tertinggi dimana Kepala Negara atau Pemerintahan menghadiri pertemuan tersebut untuk meninjau dan merumuskan strategi untuk Organisasi.

D-8 didirikan pada tahun 1997 dengan ‘Deklarasi Istanbul’ untuk mempromosikan penyebab delapan negara anggotanya yang merentang kdi wilayah Benua Asia, Eropa dan Afrika.

JIR

You might also like More from author