Humas Polri Menggelar Sosialisasi Menangkal Paham Radikal

0

BANGKA BELITUNG, forum keadilan.com, SELASA (24/10/2017): Divisi Humas Polri melakukan Sosialisasi Menangkal Paham Radikal di Bangka Belitung (Babel). Tim Subsatgas Banops Humas Polri Ops Kontra Radikal dibawah pimpinan Kombes Pol Slamet Pribadi didampingi Kabid Humas Polda Kep. Babel AKBP Abdul Mun’im menggelar event “Subuh keliling” di Masjid Baitur Rahman Desa Batu Rusa Merawang, Bangka, Selasa (24/10/2017) subuh pukul 04.00 WIB.

Kegiatan Subuh keliling dihadiri Wakapolres Bangka Kompol Rajadewa, Kabag Sumda Polres Bangka Kompol Effendi Sugianto, Kasat Binmas Polres Bangka AKP Toni, Kapolsek Merawang Iptu Reynaldi Guzel dan Anggota Polres Bangka, yang diawali sholat Shubuh berjamaah diimami Ustad Yusuf. Usai sholat shubuh dan dzikir dilanjutkan Tausiah dan Pesan Kamtibmas disampaikan Kabag Sumda Polres Bangka Kompol Effendi Sugianto.

Subuh keliling ini, menindak lanjuti Maklumat Kapolda Kepulauan Babel Brigjen Pol Drs. Syaiful Zachri MM berkaitan dengan ajakan segera meninggalkan urusan pekerjaan 15 Menit sebelum waktu adzan sholat lima waktu bagi umat muslim dan segera menuju Masjid untuk sholat berjamaah.

Kapolres Bangka AKBP Yohanes Bangun Sik langsung menyambut baik dan merespon cepat Maklumat Kapolda tersebut dengan menggulirkan “Program Sholat Shubuh Keliling” di Masjid Masjid yang ada di wilayah hukum Polres Bangka sekaligus menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada para Jamaah Masjid.

Dalam Tausiyah dan penyampaian Pesan Kamtibmas, Kabag Sumda mengatakan Program Sholat Shubuh Keliling ini merupakan Program yang bermanfaat karena mendekatkan antara anggota Polri dengan Masyarakat.

“Sholat Shubuh Berjamaah di Masjid, yang diawali dengan Sholat Sunnat Sebelum Shubuh, nilai pahalanya dihadapan Alloh lebih tinggi nilainya daripada dunia dan seluruh isinya. Dengan melakukan sholat Shubuh Berjamaah, dapat mempererat antara para jamaah,” paparnya

Dilanjutkan, akhir-akhir ini banyak sekali informasi melalui media sosial yang tidak benar atau yang biasa disebut Hoax atau istilah agamanya yaitu Fitnah. Untuk itu jika ada berita yang bersifat Hoax dengan maksud mengadu domba antara kita, diharapkan masyarakat khususnya jamaah untuk bijak menanggapi berita hoax. “Jangan sampai ikut serta menyebar luaskan berita Hoax atau fitnah tersebut, apalagi di Tahun 2018 nantinya akan ada Pilkada di Kab. Bangka,” tandasnya serius.

Menjelang Pilkada Kab. Bangka Tahun 2018, sambung dia, hendaknya bisa menjaga dan memelihara Kamtibmas di Wilayah Kab. Bangka. Tanpa dukungan dari seluruh masyarakat, Polres Bangka tidak akan bisa secara maksimal melaksanakan tugas pokoknya memelihara Kamtibmas, memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta dalam penegakan hukum.

Mengakhiri tausiyahnya, Kabag Sumda juga mengajak kepada masyarakat agar menghindari paham radikalisme dan kekerasan karena memang kita diciptakan Alloh di Muka bumi tidak untuk melalukan kekerasan. “Kita diciptakan oleh Alloh SWT itu dalam kebaragaman, ada laki laki dan perempuan. Dan dijadikan ber suku suku bangsa dengan maksud lita’aarofu (saling mengenal), bukan untuk saling membenci dan melakukan pengrusakan di muka bumi,” lontarnya.

Usai Sholat shubuh berjamaah yang dilanjutkan tausiyah, kemudian diakhiri dengan kegiatan Ngopi Berjamaah atau yang biasa dikenal dengan istilah ngopi kamtib.

Kombes Pol Slamet Pribadi mengatakan kegiatan ini dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif serta mencegah faham Radikalisme. Untuk itu diperlukan komitmen bersama seluruh komponen masyarakat baik itu Polri, TNI, Pemerintah, Kyai, Toga, Tomas dan Pelajar yang menolak dengan keras adanya paham Radikalisme, di wilayah hukum Polres Bangka. (Musrifah)

You might also like More from author