Dokter Wanita Ditangkap Karena Dituduh Menghina Istri Panglima TNI

0

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto semula ingin mengajak ngopi bareng Siti Sundari Daranila (51 tahun), seorang seorang dokter yang dituduh menghina istrinya.

Namun karena Situ Sundari sudah diproses hukum, Hadi mengurungkan niat tersebut. “Terima kasih, terkait masalah penghinaan memang pada waktu itu ditangkap oleh patroli kepolisian dan sudah ada barang buktinya di sana, tentunya proses hukum tetap berlangsung,” kata Hadi.seusai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru di silang Monas, Jakarta, Kamis (21/12/2017).Saat itu, Hadi turut didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Polisi menangkap pelaku ujaran kebencian terhadap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Presiden Joko Widodo melalui akun Facebook dengan nama Gusti Sikumbang.

Pelaku diketahui bernama Siti Sundari Daranila (51 tahun), berprofesi dokter. Dia ditangkap tim Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri di Nagari Kayu Tanang, Kecamatan 2X11 Kayu Tanang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada Jumat, 15 Desember 2017. Penangkapan dipimpin AKBP Irwansyah.

Menurut Wali Nagari Kayu Tanam, Harmen Sandri, Siti Sundari Daranila baru saja pindah ke wilayahnya dari Jakarta sekira lima bulan Lalu. Ia bersama dua anaknya tinggal dan menempati rumah orang tuanya yang selama ini memang kerap kosong.

 Secara administrasi kependudukan, Siti belum tercatat dalam pusat data di kantor Wali Nagari Kayu Tanam. Ia baru sebatas menyampaikan keinginannya untuk pindah secara lisan dan belum mengurus dokumen-dokumen kepindahan.

“Rencananya memang mau pindah, tapi ia baru menyampaikan secara lisan. Bahkan kedua anaknya juga sudah bersekolah di sini,” kata Harmen ketika ditemui wartawan pada Sabtu, 16 Desember 2017.

Siti dijemput tim Mabes Polri didampingi Kepala Polsek dan Kepala Polres setempat pada Jumat siang. Setelah sempat berbincang-bincang beberapa menit, polisi menunjukkan surat penangkapan kepada Siti. Didampingi dua polwan, dia lebih dulu kemudian dibawa petugas.

Sebagai perangkat pemerintahan nagari, Harmen menyayangkan ada warga yang tersangkut kasus ujaran kebencian. Dia mengimbau seluruh warganya di Kenagarian Kayu tanam agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Siti mengunggah sebuah tulisan di Facebook dengan nama Gusti Sikumbang. Dia menulis, “Kita pribumi rapatkan barisan, Panglima TNI yang baru Marsekal Hadi Tjahyanto bersama istri Lim Siok Lan dgn 2 anak cewek cowok….anak dan mantu sama sama di angkatan udara.”

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa dua unit telepon genggam dalam penangkapan itu. Dugaan sementara, Siti Sundari Daranila menyampaikan ujaran kebencian itu akibat ketidakpuasan terhadap kinerja dan kebijakan pemerintah.

Rumah Siti di pinggir jalan Pasar Gelombang tampak sepi. Pintu terkunci dari dalam dan hanya ada dua anak kecil.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.