Sekeluarga Diciduk Karena Memproduksi Pil Koplo

0

Tim Satresnarkoba Polrestabes Surabaya menggerebek sebuah rumah di Bukit Bali Blok B2 nomor 3 Perum Citraland, Selasa (7/11), karena digunakan untuk memproduksi dan mengoplos pil carnophen dan sejenis.

Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan setidaknya 3 juta butir pil koplo senilai Rp 4 miliar lengkap dengan alat produksinya. Mirisnya bisnis ini dijalankan oleh satu keluarga.

Selain jutaan butir pil, dari penggerebakan tersebut polisi juga mengamankan empat orang yang terlibat dalam pembuatan dan pengiriman pil koplo tersebut. Keempatnya adalah,Sugeng Prastowo,47, dan, Siti,40, pasangan suami istri yang tinggal di Jalan Banyu Urip Kidul Surabaya. Kemudian Seniman,46, warga Dusun Jarakan , Simoketawang, Wonoayu, Sidoarjo yang juga masih kakak ipar Sugeng dan Subagiono,37, warga Wisma Lidah Kulon Surabaya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machmud Arifin menjelaskan, pengungkapan home industri penyimpanan dan produksi pil koplo melalui proses penjang. Awalnya, polisi menggerebek rumah milik Sugeng dan Siti di Jalan Banyu Urip Kidul.

Namun pada saat digerebek, polisi tidak berhasil mengamankan tersangka melainkan hanya mendapatkan tiga kardus berisi kurang lebih 45 ribu butir pil koplo serta buku catatan. “Temuan itu, terus kami kembangkan hingga akhirnya kami mendapatkan petunjuk jika pemilik ribuan butir pil koplo tersebut berada di rumah Dusun Jarakan, Simoketawang, Wonoayu, Sidoarjo,” ungkap Irjen Pol Machmud Arifin, Kamis (9/11).

Machmud menjelaskan setelah mendapatkan petunjuk, polisi langsung menggerebek rumah itu. Dari rumah tersebut, tiga orang tersangka berhasil diamankan.

Mereka adalah Sugeng, Siti dan Seniman. Sugeng dan istrinya ditangkap di dalam rumah milik mertuanya, sedangkan Seniman ditangkap di belakang rumah mertua Sugeng saat hendak kabur. “Selain tiga tersangka, kami mendapatkan barang bukti berupa dua  kardus berisikan 10 ribu butir karnopen,” terangnya.

Meski sudah menangkap ketiga tersangka, namun proses penyelidikan terus dilanjutkan. Sebab berdasarkan keterengan ketiga tersangka terdapat satu pelaku lain yang bertugas sebagai kurir pil koplo tersebut. Dia adalah  Subagiono. Polisipun memancing Subagiono di SPBU Jalan Lontar.

“Dari cara inilah, kami berhasil menangkapnya. Setelah itu, Subagiono kami keler ke rumah produksi dan penyimpanan pil koplo tersebut yang terletak di Bukit Bali Perum Citraland,” tegasnya.

Dari lokasi tersbeut, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 63 kardus  berisi 2.7 Juta butir karnopen, dua buah drum berisi 100 ribu butir pil karnopen. Tidak hanya itu, ditempat yang sama juga terdapat satu unit mesin produksi serta tiga unit mesin alat press.

You might also like More from author