Novel Baswedan Malah Dilaporkan Ke Polisi

Penyelidikan kasus penyiraman air keras terhadap novel masih belum jelas ujungnya.

0

 

Penyelidikan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan belum selesai. Belum jelas siapa pelakunya. Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu malah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh rekan sekerjanya sendiri, Direktur Penyidikan KPK Brigadir Jenderal Aris Budiman, atas dugaan pencemaran nama baik.

Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen Pol Aris Budiman saat memenuhi undangan pansus hak angket KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Novel diduga melontarkan kata-kata yang dianggap menghina Aris sebagai Dirdik KPK melalui electronic mail (Pos-el).

“Kata-katanya itu ‘Direktur tidak ada integritas, direktur terburuk sepanjang masa’,” kata Argo, Kamis (31/8/2017).

Novel mengirim e-mail tersebut dalam kapasitas sebagai Ketua Wadah Pegawai KPK yang keberatan atas mekanisme pengangkatan penyidik dari Polri yang tidak sesuai dengan aturan internal KPK. Menurut Argo, penyidik telah menemukan unsur pidana dalam kasus itu setelah melakukan gelar perkara.

Menurut Argo, Aris merasa terganggu oleh isi dalam Pos-el yang dikirim Novel. Aris lantas melaporkan Novel atas tuduhan pencemaran nama baik pada 21 Agustus 2017 lalu. Polisi sudah memeriksa Aris sebagai pihak pelapor. Bahkan, status kasus ini sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

Polisi juga sudah mengirim Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Meski begitu, status Novel masih sebagai saksi, belum menjadi tersangka. “Semua itu kan sama dalam hukum,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dihubungi, Kamis (31/8/2017).

Argo menegaskan tidak ada yang ‘istimewa’ dalam penanganan laporan Aris. Semua aduan, menurutnya, akan ditindaklanjuti polisi. “Semua laporan standarnya kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Aris melaporkan Novel atas dugaan pencemaran nama baik dengan sangkaan Pasal 27 UU ITE. Novel dilaporkan pada 13 Agustus dan gelar perkara dilakukan pada 21 Agustus.

You might also like More from author