Menu

Kemenkumham Serius Benahi SOP Rutan dan Lapas

Suasana Rumah Tahanan  (republika.co.id)

Suasana Rumah Tahanan (sumber foto: republika.co.id)

Jakarta, FK — KEMENTERIAN Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) serius melakukan pembenahan tata kelola Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) secara menyeluruh. Baik perbaikan regulasi bersifat standar operasi prosedur (SOP) yang bertarap semi lokal.

“Keseriusan Kemenkum HAM melakukan pembenahan tata kelola lapas, secara menyeluruh baik dari regulasi bersifat SOP termasuk me-review dan menyusun SOP pengelolaan Lapas, yang saat ini sedang dilakukan Pak Wamenkum HAM,” kata Kepala Biro Humas Kemenkum HAM Martua Batubara di kantornya, Jakarta, Rabu (3/10). 

Dia menjelaskan, dalam hal ini ada beberapa provinsi yang sudah dikumpulkan oleh Wamenkum HAM Denny Indrayana untuk menyempurnakan SOP itu.

“Beberapa provinsi mengumpulkan Kalapas (Kepala Pemasyarakatan), dan karutan (Kepala Rutan) untuk menyempurnakan SOP, sesuai kebutuhan perkembangan yang ada untuk perkambangan lapas dan rutan,” tuturnya.

Hingga kini sudah ada lima provinsi yang sudah melakukan semi loka.

“Perbaikkan SOP dilakukan semi loka di lima provinsi. Wilayah barat Sumatera Utara: wilayah tengah Kalimantan dan Bali; wilayah Jawa: Surabaya, wilayah timur Papua,” tuturnya.

Program tersebut guna memperbaiki reformasi birokrasi dalam mengimplementasikan tata kelola SOP.

“Dalam mengimplementasikan antara lain mengenai regulasi dan tata kelola. SOPkategori regulasi dan tata kelola. Sejalan dengan penyempurnaan sop, penetapan zona integritas di wilayah satuan kerja,” ujarnya.

Mad/jotz

Comments

comments


Fatal error: Allowed memory size of 67108864 bytes exhausted (tried to allocate 76 bytes) in /home/forumkea/public_html/wp-includes/cache.php on line 621