Di Ruang Sempit Inilah Tempat Setya Novanto Sekarang

0

 

Novanto ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan KPK. Dia ditahan di Rutan KPK yang baru. Lokasinya masih satu kompleks dengan kantor KPK.

Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, memiliki ruang tahanan baru. Sejumah wartawan diundang untuk melihat ruangan tersebut pada Ahad (19/2/2017).

Ruang tahanan KPK terletak di gedung penunjang atau di bagian belakang gedung baru KPK. Masing-masing ruang tahanan memiliki kapasitas berbeda-beda. Ada ruangan yang berukuran sekitar 2,5 meter x 2,5 meter dan ada pula yang berukuran 2,5 meter x 5 meter. Satu ruang tahanan memiliki kapasitas maksimal lima orang. Ruang tahanan KPK sendiri memiliki kapasitas 32 orang untuk pria dan wanita. Setiap ruang tahanan KPK dilengkapi dengan satu toilet. Tiap ruangan tidak disediakan fasilitas pendingin ruangan. Untuk tempat tidur terbuat dari cor-coran semen tanpa dialasi kasur. Pembangunan ruang tahanan ini sudah sesuai dengan standar Ditjen PAS Kemenkumham.

Ada tiga jenis ruangan untuk tahanan di Rutan KPK. Untuk tahanan laki-laki terdiri dari 4 kamar berkapasitas 5 orang, 2 kamar berkapasitas 3 orang, dan 3 kamar berkapasitas 1 orang, untuk tahanan laki-laki. Kemudian untuk perempuan ada 2 kamar berkapasitas 3 orang dan 2 kamar berkapasitas 1 orang.

Kamar yang berkapasitas 1 orang merupakan sel isolasi untuk para tahanan yang baru ditahan ataupun yang menderita sakit sehingga harus dipisahkan dengan tahanan lainnya. Untuk tahanan yang baru ditahan, nantinya setelah sepekan merasakan sel isolasi, dipindahkan ke sel untuk lima orang. Untuk toilet terpisah sendiri di pojok yang ditutupi tembok 1,5 meter.

Novanto ditempatkan di ruangan berkapasitas lima orang. Ruang tahanan ini,masing-masing sel dipasangi exhaust fan. Dia menempati ruang utahanan berukuran 2,5 x 2,5 meter. Tempat tidurnya berupa cor-coran semen setinggi 0,5 meter dengan rongga di bawahnya.Untuk toilet terpisah sendiri di pojok yang ditutupi tembok 1,5 meter.

Rongga di bawah tempat tidur itu digunakan sebagai lemari bagi para tahanan untuk menyimpan barang-barangnya. Tak ada ventilasi apa pun kecuali teralis yang terpasang di pintu ruangan. Satu ruangan itu bisa ditempati 3 atau 5 tahanan.

Di ruang tahanan itu pula ada 1 WC duduk (kakus) dan 1 keran. Selain itu, ada ruangan luas tempat para tahanan berkumpul. Di rutan yang bernuansa abu-abu tersebut, terdapat juga tempat terbuka dengan tembok setinggi kurang-lebih 15 meter bagi tahanan untuk menjemur pakaian dan berkegiatan lainnya.

Di Rutan KPK, ada ruang berkumpul yang dilengkapi televisi dan ada pula ruang berolahraga bersama. Ada juga ruang ibadah bagi tahanan non-muslim yakni di ruang bertemu keluarga. Sementara untuk ruang salat Jumat bagi tahanan muslim akan dilakukan di ruang TV.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.