Habis Jadi Tersangka Lagi, Setya Novanto Memuji Polisi

0

Ketua DPR Setya Novanto menyebut polisi sudah profesional dalam menangani perkara dugaan pemalsuan yang diduga dilakukan oleh dua pimpinan KPK, Agus Rahardjo dan Saut Situmorang.

Novanto mengatakan, penerbitan SPDP terhadap Agus-Saut merupakan bukti kasus tersebut melalui mekanisme hukum yang berlaku, salah satunya penyelidikan hingga naik ke status penyidikan.

“Semua tahu Polri melakukan secara profesional. Kalau melakukan penyidikan kan berarti sudah melalui proses yang sangat panjang,” ujar Novanto di Kantor Kosgoro, Jakarta, Jumat (10/11).

Pria yang juga kerap disapa Setnov ini mengatakan, kelanjutan penyidikan terhadap Agus-Saut sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo yang meminta proses hukum dijalankan berdasarkan bukti dan fakta.

“Jadi beliau (Jokowi) minta masalah hukum itu diserahkan kepada mekanisme hukum gitu ya,” ujarnya.

Lebih dari itu, Novanto mengaku optimistis kepolisian akan bekerja profesional dalam menangani kasus tersebut. Ia pun turut berterima kasih kepada Jokowi yang meminta Kepolisian bekerja profesional agar tidak menimbulkan kegaduhan.

“Ya pasti polisi kan sudah profesional dan saya terima kasih presiden beri kesempatan juga masalah hukum tetap di dalam proses,” ujar Setya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan, segala proses hukum terutama yang melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian RI harus berjalan tanpa keributan dan berdasarkan fakta.

“Ada proses hukum. Jangan sampai ada tindakan tidak berdasarkan bukti dan fakta. Saya sudah minta hentikan,” ujar Jokowi di Halim Perdana Kusuma, Jumat (10/11).

You might also like More from author