Berkas Setya Novanto Segera Dilimpahkan ke Pengadilan

0

Gugatan praperadilan yang diajukan kuasa hukum Setya Novanto seperti hanya akan menghasilkan rasa kecewa saja.

Pasalnya komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK,Saut Situmorang memberikan sinyal berkas perkara Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai berlambang pohon beringin itu akan segera dilimpahkan ke pengadilan.

Artinya dengan dilimpahkannya berkas dugaan korupsi pengadaan KTP Eleketronik, gugatan praperadilan secara otomatis gugur. “Sudah, sudah kami hitung semua. Kalau kami sudah selesaikan berkas, kan bearti tidak kan main sidangnya (prperadilan) sudah selesai,” ujar Saut Situmorang di Kantor KPK,Jumat 1 Desember 2017.

Untuk diketahui KPK berlomba dengan sidang praperadilan dalam pemberkasan yang menjerat Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi e- KTP.

Sidang pertama praperadilan yang diajukan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah gelar Kamis 30 November. Proses sidang masih taraf pengajuan berkas masing-masing oleh KPK dan pengacara Setya Novanto.

Pada persidangan Kamis 30 November 2017, KPK meminta sidang ditunda selama dua minggu, namun oleh penasejhat hukum Setnov diprotes dan hakim juga tidak setujuh akhirya disepakati sidang dituda seminggu atau dilanjutkan tanggal 7 Desember 2017.

KPK memang berkepentingan sidang ditunda lebih lama agar mereka bisa menyusun berkas penyidikan KPK dan segera diajukan ke pengadilan.

Menurut Saut, proses hukum terhadap Novanto akan segera naik ke tahap penuntutan. Saut mengatakan, pelimpahan berkas tersebut hanya tinggal menunggu waktu.

Penyidik KPK sudah memastikan bahwa bukti-bukti dan keterangan saksi cukup untuk mengadili Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Hanya tinggal merapikan saja kok. Penyidik dan penuntut sudah firm di situ,” kata Saut.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.