Kota Lhokseumawe Jadi Titik Singgah Kirab Pemuda Nusantara 2017

Deputi Kemenpora RI : Partisipasi Aceh Hebat

0

Sekitar 5000 pemuda dan pelajar Kota Lhokseumawe sedang mengikuti kegiatan Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci (GPMKS) yang diusung oleh Kemenpora RI. (FOTO : JEFRY)

forumkeadilan.com. Aceh – Kota Lhokseumawe menjadi titik singgah kirab pemuda Nusantara 2017 dalam program Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci (GPMKS), acara tersebut di pusatkan di Masjid Islamic Centre Lhokseumawe, Jumat (20/10).

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Faisal Abdullah dalam sambutannya mengatakan, kirab pemuda Nusantara 2017 merupakan program Kemenpora RI yang bertujuan untuk memupuk kebinekaan di kalangan pemuda tanpa memandang ras, suku dan agama yang berbeda.

“Kota Lhokseumawe sebagai titik singgah Kirab Pemuda Nusantara 2017 untuk Aceh, di daerah lain hanya 3000 pemuda yang hadir, tapi di Lhokseumawe sampai 5000 pemuda, ini partisipasi hebat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Lhokseumawe Zulkifli, S.Ag usai acara tersebut kepada forumkeadilan.com mengatakan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan kirab pemuda Nusantara memperkenalkan bagaimana pembacaan kitab suci Al Quran, karena wilayah Aceh kental dengan Syariat Islam.

“Kita perkenalkan seperti inilah penampilan dalam pelaksanaan membaca kitab suci Al Quran. Jadi, mereka sudah melihat bagaimana kiprah kepemudaan dalam membaca ayat Suci Al Quran di Aceh,” tandasnya.

Diharapkan, kata dia, dengan kegiatan tersebut pemuda harus mampu memahami dan mensosialisasikan terjemahannya dan menumbuhkan motivasi bagi pemuda Indonesia yang beragama Islam untuk belajar Al Quran.

“Bagi pelajar yang hadir, edukasi yang kita harapkan mereka bisa belajar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, tidak lama lagi pelajar-pelajar ini akan menjadi pemuda, jadi rasa cinta Al Quran haruslah kita pupuk sejak mereka di bangku sekolah,” jelas Zulkifli.

Dia juga menambahkan, usai kegiatan di titik singgah di Aceh, Kota Lhokseumawe rombongan kirab pemuda Nusantara 2017 akan bertolak ke Deli Serdang yang merupakan titik singgah di Provinsi Sumatera Utara. (Jefry)

You might also like More from author