Kejari Bangka Sosialisasikan Penggunaan Dana Desa

0

 

Forumkeadilan.com. Sungailiat–Untuk memberikan arahan dan pendampingan dalam penggunaan dana desa agar sesuai ketentuan, Kejaksaan Negeri Bangka bersama Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Bangka, Kamis (24/8/2017) menggelar pelaksanaan acara sosialisasi dana desa di kantor Kajari Bangka.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 68 Kepala Desa se Kabupaten Bangka dengan pemateri kegiatan sosialisasi diberikan oleh Kajari Bangka, Supardi, Kasi Intel Kajari Bangka, Yoga Pamungkas, Kepala BPM Pemdes Kabupaten Bangka, Kasi Datun dan Inspektorat Kabupaten Bangka.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Bangka, Supardi, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan pendampingan dalam penggunaan dana desa agar sesuai ketentuan sehingga tepat sasaran.

“Tujuannya seperti itu, sehingga nantinya tidak ada keraguan dalam merealisasikan dana desa yang ada untuk pembangunan di masing- masing desa,” terang Supardi kepada sejumlah awak media usai membuka acara tersebut.

Supardi menambahkan, Kajari Bangka bersama TP4D bertugas membantu perangkat desa dalam memanfaatkan dan mengawasi penggunaan anggaran desa secara baik dan benar, sehingga pembangunan yang dilakukan bertujuan untuk kepentingan rakyat.

“Saya berharap, melalui sosialisasi ini pembangunan infrastruktur yang ada di daerah khususnya di wilayah hukum Kejari Bangka akan berjalan dengan baik dan tidak terjadi adanya penyimpangan,” imbuhnya.

Disinggung soal adanya isu LPJ perjalanan kades dalam daerah yang mencapai hingga Rp.20 juta pertiga bulan, Supardi berjanji untuk melakukan penyelidikan apabila ada laporan dari masyarakat.

“Sejauh ini, penggunaan dana desa daerah berikut penyerapan dana desa berjalan dengan baik.Belum ada laporan soal itu, namun kita akan selidiki bila ada laporan masyarakat masuk ke kita,” janjinya.

Memang diakui Supardi, tahun ini dana desa yang dikeluarkan pemerintah cukup besar dan sangat rawan untuk diselewengkan.

“Agar terlaksananya penggunaan dana desa yang baik, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengintruksikan untuk mengawal dan mengamankan penggunaan dana desa sehingga bisa mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, sehingga dapat terwujud pembangunan yang adil dan merata sampai ke wilayah pedesaan,” pungkasnya.

Romli Muktar/FORUM

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.