Mesin pengolah biji kopi Buatan Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe

Menang Hibah Dikti

0

forumkeadilan.com – Untuk memenuhi persyaratan penanganan pascapanen kopi rakyat yang harus dilakukan dengan tepat waktu, tepat cara dan tepat jumlah seperti halnya produk pertanian yang lain. Buah kopi hasil panen perlu segera diproses menjadi bentuk akhir yang lebih stabil agar aman untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu. Maka perlu diciptakan teknologi mesin yang tepat guna. Hal ini diungkapkan salah seorang dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Indra Mawardi, ST, MT, dosen Jurusan Teknik Mesin pada media ini Senin, (28/8/2017).

“Politeknik telah mengambil peluang tersebut dengan membentuk unit usaha Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi.  Unit usaha tersebut terbentuk melalui salah satu skim program pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti yaitu Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK), yang Alhamdulillah,  berhasil saya menangkan,” kata Indra Mawardi.

Menurut Indra Mawardi, Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL bertujuan untuk menunjang kemandirian kampus melalui unit usaha produksi mesin-mesin pascapanen kopi.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah sosialisasi hasil riset dosen berbasis produk untuk kebutuhan masyarakat, di samping itu juga sebagai tempat menciptakan wirausahaan baru,” kata pria berkacamata ini.

Tambahnya lagi, Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi memproduksi mesin pengupas kulit buah kopi (pulper) mobile, mesin pencuci bijih kopi, mesin pengupas kulit biji kopi (huller) mobile, dan mesin sortasi biji kopi dengan mekanisme getar. “Untuk mendukung jalannya unit usaha ini, PNL didukung oleh tenaga-tenaga ahli dibidang desain, produksi dan pemasaran, serta didukung oleh Laboratorium Mekanik dan Pengelasan dengan peralatan yang cukup lengkap,” terang Indra Mawardi.

Indra Mawardi, ST, MT,,Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Indra Mawardi, ST, MT,

Lanjut dosen senior ini, meskipun mempunyai kompetitor pasar, mesin-mesin yang diproduksi mempunyai keunikan dan keunggulan dibandingkan mesin yang telah ada di pasaran, seperti kemampuan mobilisasi yang baik dan desain yang berkualitas.

“Mesin-mesin yang diproduksi siap dipasarkan. Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL siap menerima pesanan, baik perorangan maupun kelompok, partai besar maupun kecil. Bagi petani kopi atau masyarakat yang ingin membeli dapat menghubungi Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL, Jurusan Teknik Mesin,” pungkas Indra Mawardi. (Hamdani)

You might also like More from author