Tegas dan Berani

Polda Sulawesi Tenggara Siap Amankan Proses Pendaftaran Calon Kepala Daerah

0

Kendari, Forum keadilan.com, (8/1/2018). Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Sulawesi Tenggara mulai bergulir. Pada bulan ini masuk pada tahapan pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kolaka dan Konawe, serta Wali Kota dan Wakil Walikota Baubau.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Kepolisian Sulawesi Tenggara Brigjen Andap Budhi Revianto SiK, menggelar press release, yang dihadiri sejumlah media cetak maupun elektronik. Senin (8/1/2018)

Selaku Kapolda Sultra, Andap Budhi menekankan point terbesar pada semua Jajarannya untuk siap mengamankan, serta menjaukan masyarakat dari konflik, bersama sama dengan TNI, stake holder terkait dan masyarakat.

“Muliakanlah Provinsi kita, bersama-sama mari kita wujudkan Pilkada yang kondusif dan damai serta terpilihnya seorang Pemimpin yang membuat Sultra menjadi lebih maju dan sejahtera.” ajak Brigjen Andap Budhi.

Brigjen Andap juga menyampaikan beberapa harapannya bagi penyelenggara Pemilu, agar laksanakan amanah dengan sebaik baiknya sehingga dapat meminimalisir potensi konflik.

“Bagi para pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran, mulai hari ini tanggal 8 Januari hingga 10 Januari, diharapkan kerja sama dan komitmennya untuk membangun Sultra baik dengan siap menang dan siap kalah” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sultra juga mengatakan hendaknya kemenangan diharapkan diraih tanpa cela, tanpa adanya money politic. Hindari issue issue yang bersifat Sara dan ujaran kebencian.

Mengenai segala bentuk kecurangan selama Pilkada, Kapolda Sultra menegaskan pihaknya akan memproses sesuai ketentuan yang berlaku.

“Terhadap segala bentuk penyimpangan akan kita jerat ketentuan hukum yang berlaku seperti tindak pidana korupsi,  UU ITE dan UU lainnya. Dan untuk masyarakat termasuk insan pers diharapkan partisipasi positif dan dukungannya dalam mewujudkan Sultra yang kondusif dan damai tanpa konflik” terang Perwira Tinggi berpangkat bintang satu ini.

Diakhir gelaran press release, Kapolda Sultra kembali menyatakan kesiapannya, seluruh Jajaran Polda Sultra bersama TNI, stake holder terkait dan segenap lapisan masyarakat siap mengamankan setiap tahapan Pilkada, termasuk giat hari ini yaitu kelancaran prosesi pendaftaran pada rentang waktu tersebut.

“Sebagai langkah Kepolisian, kami selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan penyelenggara untuk bersama sama mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan ataupun ancaman yang mungkin timbul. Mari kita bersama sama menjaga kondusifitas diwilayah kita sehingga tercapai Sulawesi Tenggara yang kondusif dan damai” pungkas Brigjen Andap Budhi.

(Ipah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.